Jumat, 20 Februari 2015

Cara Mengatasi GRUB Yang Hilang Dualboot Pada Linux dan Windows

Pada saat saya menggunakan Linux Ubuntu, saya pernah menghadapi suatu masalah dalam GRUB, yaitu GRUB Hilang Berikut saya akan kasih solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut :






1. Booting menggunakan LiveUSB atau Ubuntu Live CD Ubuntu Installasi. (Disini saya menggunakan LiveUSB Linux mint 17.1*).
*Sesuaikan dengan Linux Kalian



2. Setelah berhasil masuk ke dekstop Linux mint-nya, silahkan buka terminal (ctrl+alt+t)



# Cek Partisi hardisk :

~$ sudo fdisk -l



Cara ini digunakan untuk mengetahui dimana letak instalasi Linux mint, sebagai contoh linux mint saya ada pada partisi  /dev/sda6, mungkin berbeda pada partisi kalian. 


# Mount partisi Linux mint kalian :



~$ sudo mount /dev/sda(*) /mnt

(*)Sesuaikan dengan letak partisi Linux kalian


# Install GRUB ke partisi yang sudah di mount :



~$ sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda





# Update GRUB :


Proses update ini penting untuk me-refresh grub yang baru saja kalian install.

~$ sudo update-grub





3. Langkah terakhir, restart PC/Laptop sahabat untuk melihat hasil nya apakah Grub yang tadi sudah di install berjalan baik saat booting atau belum.

0 comments:

Posting Komentar

VIDEO